RSS

KONSTITUSI NEGARA REPUBLIK INDONESIA

16 Des

A. Konstitusi Yang Penah Berlaku di Indonesia

1. Pengertian dan Pentingnya Konstitusi

Konstitusi merupakan jaminan yg paling efektif dalam menjaga agar kekuasaan yg ada dlm Negara tidak salah gunakan dan hak asasi manusia/warga Negara tidak dilanggar,konstitusi sangat penting artinya bagi suatu Negara karena kedudukannya dalam mengatur dan membatasi kekuasan dalam suatu Negara.

Konstitusi berasal dari istilah bahasa Prancis,yaitu constituer artinya membentuk.beberapa istilah dari konstitusi seperti gronwet ( bahasa Belanda ) artinya,yaitu wet berarti undang-undang dan ground berarti tanah.Beberapa Negara yg menggunakan istilah constitution ( bahasa Inggris ) untuk mengartikan konstitusi.

Dalam bahasa Indonesia ,kontitusi diartikan sebagai hukum dasar atau undang-undang dasar.Istilah itu menggambarkan keseluruhan system ketatanegaraan suatu Negara.

Beberapa ahli kertanegaraan yg menyatakan tentang pengertian konstitusi yaitu :

a. Herman Heller

Kontitusi dibagi menjadi tiga :

1. Kontitusi yg mencerminkan kehidupan politik di dalam masyarakat sebagai suatu kenyataan. Disebut pengertian secara sosiologis.

2. Konstitusi merupakan satu kesatuan kaidah yg hidup dalam masyarakat merupakan pengertian secara yuridis.

3. Konstitusi yg ditulis dalam suatu naskah sebagai undang-undang yg tinggi dan berlaku dalam suatu Negara.disebut pengertian secara politis.

b. K.C. Wheare

Kontitusi adalah keseluruhan system ketatanegaraan dari suatu Negara berupa kumpulan peraturan yg membentuk,mengatur/memerintah dalam suatu Negara. Pengertian konstitusi secara sempit adalah keseluruhan peraturan Negara yg bersifat tertulis.

Pengertian konstitusi secara luas adalah keseluruhan peraturan Negara,baik yg tartulis maupun tidak tertulis sering disebut konvensi Konstitusi sebagai hukum dasar yg memiliki arti penting bagi Negara.

Budiarjo menyatakan bahwa konstitusi /undang-undang dasar ketentuan sebagai berikut.

• Pembagian kekuasaan antara lembaga eksekutif,legislative dan yudikatif • Hak asasi manusia

• Prosedur perubahan UUD

• Larangan untuk mengubah sifat tertentu dari UUD Pembatasan kekuasaan untuk mencakup dua hal, yaitu isi kekuasaan dan waktu pelaksanaan pembatasan isi kekuasaan mengandung arti bahwa dalam konstitusi ditentukan tugas serta wewenang lembaga-lembaga Negara.

Konstitusi dinegara kita adlah UUD 1945.UUD 1945 ialah hukum dasar yg tertulis Sebagai hukum dasar,UUD 1945 merupakan sumber hukum.Jadi,semua perundang undangan dan peraturan –peraturan harus bersumber pada UUd 1945

2. Berbagai konstitusi yg Pernah Berlaku di Indonesia

a. UUD 1945 ( 18 Agustus 1945-27 Desember 1949 ) semua Negara perlu memiliki UUD/ konstitusi . Indonesia sebagai suatu Negara juga memiliki UUD yg kita sebut UUD 1945. Untuk lebih jelas mempelajari UUD 1945, akan diuraikan sebagai berikut :

1) Persiapan Pembentukan UUD 1945

2) Pengesahan UUD 1945

3) Sistematika UUD 1945

b. Konstitusi RIS 27 Desember 1949-17 Agustus 1950

Pada tanggal 23 Agustus 1949-2 September 1949 , dikota denhaag (Belanda) diadakan Konferensi Meja Bundar (KMB) .

Dgn bentuk Negara federasi, RIS meliputi beberapa daerah Indonesia seperti dinyatakan dalam pasal 2 konstitusi RIS 1949

B. UUDS 1950 (17 Agustus 1950-5 Juli 1959)

Republik Indonesia Serikat terdiri atas 16 negara bagian.

RIS yg berdiri sejak tanggal 27 Desember 1949 hanya berlaku kurang dari satu tahun. UUDS 1950 terdiri atas beberapa bagian –bagian ,yaitu sebagai berikut.

1. Mukadimah yg terdiri atas empat alinea ,terdapat rumusan pancasila sebagai dasar Negara.

2. Batang tubuh yg terdiri atas 6 Bab 147

C. UUD 1945 (5 Juli 1959-11 Maret 1966)

UUD 1950 adalah UUD sementara yg berlaku sampai konstituante dpt menyusun dan menetap kan UUD. Pada tahun 1955, pemilihan umum di laksanakan.

D. UUD 1945 setelah Amandemen (19 Oktober 1999-sekarang )

MPR RI telah melakukan perubahan UUD 1945 sebagai salah satu tuntutan reformasi.

UUD 1945 setelah di Amandemen. Jadi, konstitusi yang pernah berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950, UUD 1945 hasil Amandemen.

 
67 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 16, 2009 in Indonesia, PKN

 

Tag:

67 responses to “KONSTITUSI NEGARA REPUBLIK INDONESIA

  1. nurluth

    Januari 10, 2010 at 04:46

    permisi, mau tanya…
    apa kesimpulan dari ciri-ciri konstitusi bagi negara tertentu????????

     
  2. nurluth

    Januari 10, 2010 at 05:00

    pentiiiiiiiiiinggggggggggggggg…..

     
  3. candra

    Juni 8, 2010 at 00:05

    apa sich kelemahan n kelebihan dari kosntitusi yang dianut Indonesia????
    trz apakah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan???

     
    • 0541bayucr

      Desember 11, 2011 at 08:47

      dah donk ckckckckckckckck……………

       
    • neng nda

      Desember 31, 2012 at 10:08

      klo mnurut saya sbuah konstitusi yang dianut oleh suatu negara pastilah sesuatu yang sempurna tanpa memberat suatu piihak mana pun, adapun kelemahan nya adalah pada proses pelaksanaannya, dimana ada sebuah penyelewengan aataupun pelaksanaannya yang kurang sempurna dikareenakan berbagai sebab, baik itu sebab yang timbul dari luar atau dalam lembaga itu sendiri.

       
  4. ufa

    Oktober 6, 2010 at 03:08

    appa sich yg di maksud dengan undang undang republik indonesia serikat 1949 ??

     
    • Quantum Enterprise

      Oktober 7, 2010 at 11:53

      Konstitusi Republik Indonesia Serikat (RIS) 1949 digunakan dalam suasana politik Indonesia yang sedang terjadi gejolak revolusi mempertahankan kemerdekaan. Penggunaan konstitusi ini merupakan produk politik hasil Konferensi Meja Bundar yang dilakukan di Belanda pada tahun 1949 setelah Belanda melakukan agresi militernya kepada Republik Indonesia yang baru berdiri. Diterapkannya Konstitusi RIS menggantikan UUD 1945 merupakan capaian kompromi politik perjuangan diplomasi Republik Indonesia dalam konferensi tersebut. Naskah Konstitusi RIS disusun bersama oleh delegasi Republik Indonesia dan delegasi BFO ke Konferensi Meja Bundar. Rancangan itu disepakati oleh kedua belah pihak untuk diberlakukan sebagai Undang-Undang Dasar RIS. Setelah mendapat persetujuan dari Komite Nasional Pusat – sebagai lembaga perwakilan rakyat Republik Indonesia – pada tanggal 14 Desember 1949, Konstitusi RIS kemudian resmi diberlakukan mulai tanggal 27 Desember 1949.[1] Namun, muatan dalam Konstitusi RIS 1949 lebih banyak mencerminkan kepentingan politik pemerintah Belanda.

       
  5. echa

    November 7, 2010 at 02:36

    apa yang dimaksud negara dalam negara dan sebutkan negara2 bagian tersebut..??

     
  6. Della Vida

    November 14, 2010 at 10:02

    Ciri-ciri umum konstitusi itu apa sih?????

     
  7. Putra09ardi gonzales

    Januari 24, 2011 at 13:14

    PEngrtian konstitusi baik secara tertulis maupun tidak tertulis itu apa ya…???

     
  8. yatch

    Januari 27, 2011 at 13:12

    konstitusi,,?

     
  9. HERU AHDIYAKA.S

    Februari 24, 2011 at 12:11

    Bagussss……… lengkap tapi minta tlng pake dia punya ciri

     
  10. NOVY

    Maret 6, 2011 at 13:39

    HMZZZZ GUG DHA KESIMPULAN CIRI2 KONSTITUSI

     
  11. afrida

    Maret 13, 2011 at 12:02

    sebutkan ciri-ciri konstitusi,dan mengapa konstitusi perlu di amandemen?

     
  12. Whuriy ciie'AQuarieuzz

    September 4, 2011 at 11:24

    dpt tgaz dri guru pKn ttg konstitusi….
    ciri-ciri konstitusi ap ya ..??

     
  13. AnandassiBismaniac DuapuluhtujuhSebelas SpantaBalamp

    September 28, 2011 at 22:56

    ada tugas PKn,
    “istilah konstitusi” itu apa ya ?

     
    • hafid

      November 1, 2011 at 19:30

      konstitusi berasal dari bahasa perancis(constituer) yang berarti membentuk istilah= pembentukan suatu negara atau menyusun dan menyatakan suatu negara. (I LOVE YOU)

       
  14. rosyi

    September 29, 2011 at 13:11

    1. Pengertian konstitusi
    a. Konstitusi tertulis arti dan contoh
    b. Konstitusi tidak tertulis arti dan contoh
    2. Berbagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
    a. Undang-undang dasar 1945 periode pertama dan sistem ketatanegaraannya (1945-1949)
    b. Konstitusi RIS 1949 dan sistem ketatanegaraannya (1949-1950)
    c. UUDS (Undang-undang dasar sementara) 1950 dan sistem ketatanegaraannya (1950-1959)
    d. Undang-undang dasar 1945 periode ke dua dan sistem ketatanegaraanya (1959-1999)
    e. UUD 1945 hasil amandemen (1999-sekarang)
    3. Penyimpangan terhadap konstitusi-konstitusi yang berlaku di Indonesia
    a. Demokrasi liberal
    b. Demokrasi terpimpin
    c. Demokrasi pancasila
    4. Sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen

     
  15. muhammad nurrahman

    September 29, 2011 at 21:13

    bagus she isinya tapi sayang cuma sdikit yakz ??

     
  16. Michael

    Oktober 3, 2011 at 17:56

    dpat tugaz QlompoQ dr guru PKn…
    kTany cari tentng uud 1945 hasil amandemen…

     
  17. Elke amanda

    Oktober 9, 2011 at 19:55

    tlg d kasih penjelasannya macam – macam konstitusi donk,, kayak bentuk pemerintahannya..

     
  18. Jeastz

    Oktober 24, 2011 at 15:22

    saya mau tanya, contoh konstitusi itu seperti apa..?
    trims.. :)

     
  19. abigail

    Oktober 31, 2011 at 10:41

    pengertian tentang konstitusinya kurang lengkap dan bahasanya susah dimengerti

     
  20. wahyu

    November 1, 2011 at 19:20

    kapan di adakannya konverensi meja bundar

     
  21. Diana

    November 7, 2011 at 23:47

    Sbnar na,fungsi konstitusi ris tu pa.
    Dan berikan cth na na jika mmg ptg d indonesia.

     
  22. luluk

    November 8, 2011 at 07:48

    apa peranan konstitusi bagi aplikasi kehidupan berbangsa dan bernegara?

     
  23. ayu cusiayuni

    November 9, 2011 at 21:53

    ciri ketatanegaraan setiap konstitusi, latar belakang setiap konstitusi, sama penyimpangan penyimpangan setipa konstitusi itu apa si ??

     
  24. putri

    November 23, 2011 at 17:07

    saya mau nanya kalau sejarah konstitusi 18 agustus 1945-27 desember 1949 apa saja (tolong jawab ya saya lagi bingung mencarinya :) terima kasih

     
  25. fay1992

    November 24, 2011 at 22:22

    maaf pak, klau boleh minta, tolong dong refrensinya juga di tulis.
    makasih…

     
  26. Layli maghfirah

    Desember 7, 2011 at 21:23

    apakah konstitusi negara di indonesia sudah sesuai dgn apa itu arti konstitusi setelah mengalami beberapa perubahan ?
    dan apa ciri ciri konstitusi ? :)

     
    • dedy

      September 26, 2013 at 09:04

      hhhhh

       
  27. Muallimin SPd

    Januari 8, 2012 at 07:03

    Saya sangat membutuhkan sekali reperensi tambahan khususnya untuk menyempurnakan isi materi buku pegangan Saya dikelas selaku guru PKn.

    Dan mohon penjelasan apakah sama pengertian UUD 1945 dengan pengertian konstitusi yang dimiliki indonesia !

     
  28. faiz

    Januari 19, 2012 at 09:41

    gan pengertian konstitusi negara indonesia apa ya?

     
  29. kholifah unjunk

    Januari 19, 2012 at 13:35

    apa kelebihan dan kelemahan dari konstitusi tertulis dan tidak tertulis?

     
  30. kholifah unjunk

    Januari 19, 2012 at 13:37

    apa hubungan konstitusi dengan dasar negara? please jawab secepatnya

     
  31. resuju_shibin (@resuju_shibin)

    Januari 29, 2012 at 19:21

    duh,,,kesmplaaaan nyo apo??/?

     
  32. dessy

    Februari 8, 2012 at 10:51

    permisi mau tanya?
    Persamaan konstitusi negara RI dengan negara liberal itu apa ya?

     
  33. Radit

    Februari 9, 2012 at 18:19

    Jelaskan kelemahan dan kelebihan konstitusi tertulis dan tidak tertulis.
    Please Answer =D. Thx

     
  34. Antonio

    Februari 21, 2012 at 20:04

    Kelebihan dan kekurangannya apa saja ya?
    tolong dijawab.
    fb: AnTonio WinaTian
    thx sblmnya

     
  35. rani

    Maret 26, 2012 at 14:21

    sangat membantu, makasih :D

     
  36. Abdul kadir

    Juni 15, 2012 at 00:25

    Apa itu konstitusi sudah di akui d negara kita ini….?

     
  37. richa

    September 14, 2012 at 20:06

    tlng jelasin donk….

    apakah konstitusi diperlukan???

     
  38. teddy

    September 28, 2012 at 18:34

    kok penjelasanya kurang singkat

     
  39. cayank cemua

    Oktober 14, 2012 at 11:48

    penjelasanya membingunkan

     
  40. Tedi

    November 14, 2012 at 19:47

    Apa che pnting nya uud bagi suatu negara

     
  41. Tedi

    November 14, 2012 at 19:48

    Apakah penting UUD

     
  42. Inne

    Desember 1, 2012 at 14:16

    mau tanya ini jawabannya apa? :
    Jelaskan konstitusi negara RI
    klo dah tau tolong kirim’in ke email aku ya? : inne_barcalona@yahoo.com *ditunggu secepatnya karena besok akan dipakai

     
  43. Hanin Dalilah Aksara

    Desember 3, 2012 at 18:38

    kok dikit bngett

     
  44. Eka Rista Mawarati

    Februari 15, 2013 at 04:22

    kalo klasifikasi Pasal-pasal UUD 1945 berdasarkan konstitusi itu maksudnya gimana?

     
  45. natasha

    Desember 6, 2013 at 19:48

    apa sifat konstitusi atau UUD 1945 negara republik indonesia???

     
  46. dewi juwita fazri

    Desember 6, 2013 at 20:29

    mau tanya?
    apa si tugas konsutusi…………?????

     
    • dewi juwita fazri

      Desember 6, 2013 at 20:47

      apa yang di maksud dengan konsutusi

       
  47. ardy

    Desember 12, 2013 at 17:18

    Mengapa negara indonesia termasuk di dalam kostitusionalisme jelaskan ?salam Mahasiswa

     
  48. daniel

    September 17, 2014 at 19:34

    kenapa sih kurikulum 2013 harus di downlod?

     
  49. daniel

    September 17, 2014 at 19:36

    apa sifat sifat konstitusi indonesia

     
  50. iqbal

    September 24, 2014 at 12:45

    kalo hubungan konstitusi dengan sistem pemerintahan indinesia apa?

     
  51. Dewi nur fitrotus syafiah

    Desember 4, 2014 at 16:14

    Apa contoh sikap positif terhadap nilai nilai konstitusi ?

     
  52. Intan sabila p

    Desember 4, 2014 at 16:19

    Apa fungsi konstitusi ?

     
  53. dilla

    Februari 5, 2015 at 18:55

    mengapa UUDS pernah di gunakan tidak langsung ke UUD 1945

     
  54. sentia awaliyah

    Februari 23, 2015 at 08:10

    tuliskan sistematika konstitusi pertama negara Republik INDONESIA

     
  55. Rey

    Februari 25, 2015 at 19:04

    apa kelemahan dan kelebihan konstitusi tertulis dan tidak tertulis?
    jawabannya dong!!

     
    • Quantum Enterprise

      Maret 25, 2015 at 07:49

      Mungkin dari teman2 pengunjung ada yang bisa membantu kk Rey … ?

       

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: