RSS

OBESITAS ANAK DAN JARAK TOKO KE RUMAH

21 Des

Seberapa besar anak obesitas ditentukan oleh seberapa jauh jarak dari rumahnya ke sebuah toko. Peneliti Kanada menyebutkan, semakin dekat jarak toko (yang menyediakan segala hal termasuk makanan) dengan rumah maka risiko obesitas semakin meningkat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh faktor risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2 pada anak-anak. Sebanyak 632 anak-anak dari Montreal beserta keluarganya diinvestigasi oleh peneliti. Hasilnya, 42 persen anak tergolong kelebihan berat badan dan 22 persennya tergolong obesitas.

Dan ternyata, partisipan yang mengalami obesitas dilaporkan memiliki akses yang lebih dekat ke sebuah toko, atau jarak antara rumahnya dengan toko cukup dekat. “Akses ke toko biasa tampaknya memiliki pengaruh yang lebih besar ketimbang k tempat atau restoran fast food,” ujar Tracie Ann Barnett, profesor dari Universite de Montreal Department of Social and Preventive Medicine seperti dilansir dari Health24, Senin (21/12/2009).

Tracie juga menemukan bahwa akses ke tempat-tempat hijau sedikit banyak mempengaruhi ukuran tubuh anak usia 8 hingga 10 tahun. “Adanya taman atau lingkungan hijau akan berdampak pada seberapa sering seorang anak bermain atau berjalan kaki di tempat itu,” tutur Tracie.

Keluarga si anak yang jadi partisipan juga terus dimonitor perkembangannya untuk mengetahui sejauh mana dampak kedekatan sebuah toko dengan berat badan anak jangka panjang.

Anak yang punya akses lebih dekat ke toko akan lebih sering jajan dan mengonsumsi makanan camilan berlebih yang akhirnya memicu obesitas. Untuk itu Tracie menyarankan agar setiap sekolah sebaiknya menyediakan zona bebas toko agar jajan anak bisa dikurangi. (fah/ir)

Nurul Ulfah – detikHealth

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 21, 2009 in Dunia Anak

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: