RSS

POLISI BRASIL BUNUH 11.000 ORANG

09 Des

SAO PAULO – Polisi di Rio de Janeiro dan Sao Paulo, Brasil, membunuh lebih dari 11.000 orang dalam enam tahun terakhir. Banyak di antaranya dilakukan dengan cara pembunuhan bergaya eksekusi.
Menurut laporan Human Right Watch, hanya sedikit perwira yang pernah didakwa atas pembunuhan di luar hukum, yang dalam laporan polisi sering diberi label sebagai kematian tersangka yang menolak penangkapan.

Laporan setebal 122 halaman itu mengemukakan temuan PBB pada 2008 bahwa polisi di seluruh Brasil bertanggung jawab atas jumlah yang signifikan dalam 48.000 pembunuhan setahun sebelumnya.

“Pembunuhan ekstrayudisial terhadap tersangka kriminal bukanlah jawaban untuk kejahatan dengan kekerasan,” kata Jose Miguel Vivanco, Direktur Human Rights Watch Amerika, dikutip dari Telegraph, Rabu (9/12/2009). “Penduduk Rio dan Sao Paulo membutuhkan polisi yang lebih efektif, bukan lebih banyak kekerasan dari polisi.”

Isabel Figueiredo, koordinator-jenderal hak asasi manusia dan keselamatan publik Brasil mengakui bahwa kekerasan polisi adalah masalah yang sudah meluas dan ini merupakan keprihatinan besar bagi pemerintah federal.(jri)

Nurfajri Budi Nugroho – Okezone

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 9, 2009 in Internasional, Society

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: