RSS

SURAT TERMAHAL DI DUNIA

05 Des

York – Sebuah surat bersejarah milik presiden pertama AS terjual dengan harga fantastis di rumah lelang Christie di New York, AS. Surat setebal empat halaman dilepas dengan harga US$ 3,2 juta atau sekitar Rp 30,18 miliar!

Dalam surat itu, presiden pertama AS George Washington mendesak ratifikasi rancangan konstitusi yang nantinya akan menjadi landasan negeri itu. Surat bertanggal 9 November 1787 itu ditulis Washington untuk keponakan laki-lakinya, Bushrod.

Dalam suratnya, Washington mengatakan bahwa kunci untuk menyatukan wilayah-wilayah yang baru merdeka adalah dokumen konvensi yang saat itu baru berumur dua bulan. Bushrod merupakan delegasi di konvensi ratifikasi negara bagian Virginia tersebut.

Dalam surat itu Washington menanyakan: “Apakah yang terbaik bagi States adalah bersatu atau tidak bersatu?” Demikian seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (5/12/2009). Harga jual surat Washington ini melampaui perkiraan Christie sebelum lelang, yakni sebesar US$1,5 juta hingga 2,5 juta.

Surat tersebut menjadi bintang dalam lelang manuskrip dan buku-buku di Christie. Bahkan Christie menyebut surat Washington itu sebagai yang terpenting dalam lelang tersebut. (ita/ita)

http://www.detik.com

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 5, 2009 in Dunia Kita, Sejarah

 

Tag:

One response to “SURAT TERMAHAL DI DUNIA

  1. thomas bayu santosa

    Agustus 31, 2010 at 02:34

    surat cintaku am si nunun belum juga datang…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: