RSS

TIPS MENGHEMAT BATERAI NOTEBOOK

26 Nov

Jika Anda sedang berpergian tanpa membawa adapter dan tidak ada sumber daya listrik yang tersedia anda tentu membutuhkan baterai untuk beroperasi selama mungkin, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba ketika komputer notebook Anda dalam modus baterai (battery mode : on) :

1. Gunakan daya notebook sistem manajemen Dalam Microsoft Windows yang “Power Options” kekuasaan aplikasi manajemen dapat ditemukan di dalam Panel Kontrol. Pada tab Power Options Properties pilih “Portable / Laptop” power scheme.

Banyak notebook manufactories juga menyediakan daya kustom aplikasi manajemen, yang membantu untuk mengoptimalkan penggunaan daya baterai dan memperpanjang waktu.

2. Mengecilkan kecerahan layar Anda dapat menurunkan tingkat kecerahan LCD menggunakan lebih sedikit energi. Bahkan tingkat kecerahan yang lebih rendah juga strain mata kurang kurang dan menyebabkan kelelahan.

3. Menutup semua aplikasi yang tidak digunakan Aplikasi adalah beban pada sistem dan membutuhkan energi untuk menjalankan. Menutup semua aplikasi yang tidak digunakan akan mengurangi beban dan konsumsi energi di setiap baris.

4. Hapus semua terpakai PC Card atau USB device dari notebook anda Perangkat ini membutuhkan energi bahkan ketika mereka duduk diam, sehingga menghapus mereka dapat membantu untuk memperpanjang waktu baterai notebook.

5. Menonaktifkan LAN nirkabel atau Bluetooth adapter jaringan jika tidak digunakan Ditto untuk Wireless LAN atau Bluetooth adapter jaringan.

6. Meningkatkan memori sistem Komputer Anda menyimpan data untuk digunakan oleh CPU dalam sistem virtual memori atau memori di hard drive. Meningkatkan memori sistem membantu mengurangi ketergantungan sistem pada hard drive, yang menggunakan lebih banyak energi daripada memori sistem.

7. Mengurangi optical drive yang tidak perlu operasi / kegiatan Hindari kegiatan yang membutuhkan optical drive Anda untuk beroperasi terus-menerus, seperti mendengarkan CD.

8. Hindari aplikasi grafis yang intensif Sistem notebook akan berjalan dalam pengaturan performa yang tinggi bila menggunakan aplikasi ini, menyebabkan baterai untuk berjalan ke bawah pada tingkat yang sangat cepat.

Pemeliharaan Tips Hampir semua notebook saat ini menggunakan rechargeable Lithium-ion (Li-Ion) baterai. Lithium Ion memberikan banyak manfaat lebih dari sebelumnya Nickel-Metal Hidrida (NiMH) atau Nickel Cadmium (NiCd) Baterai, termasuk kurang massa, kinerja yang lebih baik, dan kekebalan terhadap apa yang disebut “memory effect”.

Walaupun manfaat ini Anda dapat memaksimalkan umur baterai Anda dengan mengikuti tips perawatan ini:

1. Baterai baru harus terisi penuh sebelum digunakan Untuk memasukkan baterai dalam kondisi optimal untuk penggunaan jangka panjang, silakan mengisi penuh baterai sebelum digunakan pertama.

Sangat penting juga, untuk pertama muatan 3 siklus, selalu penuh biaya sebelum digunakan dan sepenuhnya lucutan sebelum pengisian.

2. Mengkalibrasi baterai setiap beberapa bulan Hampir semua baterai notebook diciptakan dengan microprocessor internal, yang memberikan perkiraan kondisi baterai seperti jumlah tagihan, membebaskan, bertanggung jawab penuh kapasitas dan menghitung biaya siklus.

Kapasitas muatan penuh akan menjadi sedikit tidak akurat setelah beberapa bulan dan kalibrasi dapat membantu memulihkan kinerja baterai. Beberapa notebook menyediakan alat-alat kalibrasi di BIOS atau aplikasi Windows. Jika notebook anda menyediakan salah satu dari mereka, Anda dapat mengikuti tiga langkah ini sebelum kalibrasi:

1. Plug dalam kekuasaan notebook Anda adaptor dan biaya penuh baterai Anda.

2. Ketika baterai sudah terisi penuh, lepaskan power adapter dan gunakan baterai notebook Anda dalam modus. Menonaktifkan semua peringatan baterai operasi di Power Options Properties seperti Shut down, Stand-by atau Hibernation. Ketika daya yang tersisa adalah 3%, tutup semua aplikasi berjalan dan biarkan notebook untuk mematikan dirinya.

3. Power adapter plug Anda dan bertanggung jawab penuh baterai Anda. Baterai Anda telah cukup dikeringkan untuk kalibrasi.

4. Gunakan baterai Anda dalam kondisi yang tepat Secara umum, baterai bekerja dengan baik pada sekitar 68 ° F (20 ° C), tetapi suhu antara 32 ° hingga 95 ° F (0 ° to 35 ° C) akan memungkinkan baterai untuk bekerja dalam kondisi yang baik juga.

Membiarkan baterai Anda untuk bekerja dalam kondisi yang terlalu panas atau dingin dapat menurunkan kinerjanya. Mungkin juga memiliki pengaruh negatif pada umur baterai juga.

5. Menyimpan baterai dalam kondisi yang tepat jika tidak digunakan Jika anda tidak berencana untuk menggunakan notebook Anda selama satu bulan atau lebih, kami merekomendasikan baterai disimpan secara terpisah dalam yang bersih, kering dan tempat yang sejuk.

Harap juga memastikan bahwa baterai sekitar 70% muatan yang tersisa. Selama penyimpanan baterai akan melakukan self-discharge lambat, jadi kami tidak menganjurkan menyimpan untuk waktu yang sangat lama (3 bulan atau lebih), karena dapat mempengaruhi kesejahteraan baterai.

Informasi Lainnya Kapasitas yang lebih tinggi baterai atau baterai cadangan Beberapa notebook mungkin akan ditawarkan dengan pilihan kapasitas baterai yang lebih tinggi, yang mungkin juga akan ditawarkan sebagai pembelian terpisah.

Anda dapat mengambil keuntungan dari kedua untuk memperpanjang waktu unplugged notebook. Memasang kembali baterai Sebuah baterai yang telah dirawat dengan benar harus menyediakan setidaknya 300 penuh siklus pengisian dan pengosongan.

Anda dapat memilih untuk membeli baterai pengganti ketika baterai asli lagi Anda tidak lagi dapat melayani Anda dengan benar. Gejala utama ini adalah runtime yang lebih pendek bahkan setelah kalibrasi.

Daur ulang baterai Harap jangan buang baterai notebook tua di tong sampah karena dapat mencemari lingkungan. Baterai harus didaur ulang atau dikumpulkan untuk pembuangan yang aman melalui kota setempat atau program komersil.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 26, 2009 in Komputer

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: