RSS

KENALI GEJALA PJK & STROKE

19 Nov

Meski segala daya telah dilakukan untuk menghindari hinggapnya PJK (Penjakit Jantung Koroner) atau stroke, Anda kaum wanita, sebaiknya juga tidak lengah terhadap gejala awal penyakit PJK serta stroke.Beberapa ahli jantung menyatakan, gejala PJK pada wanita agak berbeda dari yang biasanya terjadi pada pria. Biasanya pada wanita berupa sesak nafas. Bila mengeluh sakit, serangannya lebih ke arah perut atau punggung bawah, disertai mual. Rasa sakit di dada tak hanya disebelah kiri bisa juga di kanan. Diagnosisi melalui gejala – gejala itu adakalanya sulit dilakukan, karena sering mirip dengan gejala menopause : berkeringat dingin, berdebar – debar, sakit punggung, dll. Meskti tidak spesifik, mulailah curiga bila anda merasa terengah – engah disertai keringat dingin usai melakukan pekerjaan berat.

Nyeri dada kiri (angina pektoris) merupakan ciri khas PJK. Plus dada serasa tertekan atau diremas – remas diikuti sesak nafas. Kadang terasa ada tekanan di bahu atau leher seperti tercekik, dan nyeri di lengan kiri sampai jari – jari. Dalam beberapa kasus sakitnya malah terasa di rahang. Semua keluhan itu terjadi akibat penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung.

Sedangkan gejala stroke diantaranya mulut mendadak mencong ke kiri atau kanan. Penderita sulit berkata – kata. Kalaupun bisa bicara, suaranya pelo atau tidak lancar. Selain itu, sulit menelan, ada rasa baal, dan mudah tersedak. Juga sulit memahami bacaan dan mudah lupa. Kepala pusing dan kelopak mata sulit dibuka. Gerakan penderita biasanya tidak terkoordinasi sehingga barang yang dipegang mudah jatuh. Bila gejal – gejala itu menampakkan diri, jangan tunda untuk segera berangkat ke dokter agar bisa ditangani sedini mungkin.

Review from Intisari

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 19, 2009 in Dunia Kita

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: