RSS

MITOS KESEHATAN DI SEKITAR KITA

10 Nov

hujan

1. Masuk angin dan kehujanan.

Fakta : Masyarakat beranggap bahwa kehujanan bisa menyebabkan masuk angin, demam, batuk pilek,dan badan linu-linu.Padahal ini adalah gejala khas dari infeksi virus influenza.Keyakinan yang didapatkan dari turun temurun yaitu hujan akan membuat sakit diterima dan menciptakan teror kecemasan di otak ketika kita mengalaminya. Saat cemas itulah terjadi peningkatan kadar hormone kortisol, sehingga sistem pertahanan tubuh menjadi lemah.Kondisi ini memudahkan kuman atau virus yang tidak diundang masuk dan mengganggu system tubuh kita.Dan virus atau kuman yang masuk itu bisa didapatkan dari lingkungan sekitar, dari orang lain yang kita jumpai atau bahkan dari antrean virus di sekitar lubang hidung kita.

2. Kerokan.

Fakta : Sebenarnya kerokan termasuk sebuah terapi tang telah teruji secara ilmiah. Kerokan dapat digambarkan sebagai upaya untuk merangsang system pertahanan tubuh melalui induksi radang local.Dengan adanya factor peradangan maka pembuluh darah akan melebar sesaat sehingga faktor faktor pertahanan tubuh seperti interferon dan tumor nekrosis aktif kembali.Kondisi ini diharapkan akan membangkitkan ghirah system pertahanan tubuhy untuk mengontrol keberadaan virus.Bahkan bila keberadaan virus tersebut membahayakan maka system pertahanan tubuh yang telah terstimulasi tersebut dapat mengeliminasi dan mendaur ulang virus tersebut menjadi material biologis yang lebih mermanfaat.

3. Angin duduk.

Fakta : Angin duduk adalah gejala kelainan otot jantung yang terjadi dalam waktu singkat.Kondisi ini timbul karena kurangnya oksigen sehingga banyak sel otot jantung mengalami kematian.

4. Pisang merupakan makanan yang menggemukkan.

Fakta : Pisang adalah makanan yang rendah lemak.Pisang hanya mengandung ½ gram lemak dan 95 kalori.Selain itu pisang juga kaya kalium.

5. Telur omega3 bikin cerdas.

Fakta : Informasi “bikin cerdas” ini tidak sepenuhnya salah karena kandungan omega dalam telur omega3 memang 15x lipat lebih tinggi dibanding telur biasa dan memegang peranan penting untuk kecerdasan.Namun harus diingat kecerdasan seorang anak tidak hanya dipengaruhi faktor nutrisi, tapi juga ditentukan oleh faktor genetik dan sejauhmana stimulasi yang diberikan lingkungannya.

6. Telur mentah/setengah matang lebih berkhasiat.

Fakta : Telur mentah/setengah matang merupakan telur yang belum siap dicerna tubuh karena dalam kondisi mentah ikatan proteinnya masih begitu kuat.Tubuh sulit memecahnya menjadi asam amino sehingga proses untuk mencernanyapun berlangsung amat lambat.Makanya telur mentah/ setengah matang mampu membuat yang bersangkutan merasa kenyang lebih lama.Berawal dari sinilah muncul mitos bahwa mengonsumsi telur mentah membuat seseorang merasa lebih kuat beraktivitas.

7. Telur hambat kepikunan.

Fakta : Kepikunan terjadi karena sel sel otak mengalami kelaparan glukosa ataupun oksigen.Glukosa ini didapat dari sumber karbohidrat seperti nasi atau roti dan bukan dari protein seperti telur.Selain itu kepikunan terjadi jika kekurangan oksigen.Aliran darah (mengandung oksigen)yang terhambat membuat individu sulit mencerna informasi.

8. Membaca dengan cahaya remang remang menyebabkan rabun jauh.

Fakta : Membaca dalam ruang yang penerangannya kurang membuat mata cepat lelah.Mata harus berakomodasi maksimal supaya obyek dapat terlihat.Tak hanya remang remang, cahaya yang berlebihanpun sama tak layaknya untuk kesehatan mata.

9. Konsumsi wortel setiap hari akan membuat mata sehat dan mencegah rabun jauh.

Fakta : Wortel mengandung karoten yang bermanfaat untuk kesehatan mata.Tapi sumber karoten juga terdapat pada pepaya dan mangga.Jadi tidak harus mengkonsumsi wortel setiap hari.Orangpun menganggap sayuran yang mengandung vitamin A ini berperan besar dalam dalam fungsi penglihatan.Tapi sebenarnya vitamin A yang ada dalam wortel lebih banyak berperan pada metabolisme sel-sel saraf yang ada di retina.Jadi banyak makan wortelpun tak dapat mencegah bertambahnya/mengurangi jumlah minus/plus/silinder lensa kacamata anak.Maksudnya kalau pangkal kesalahan terjadi pada sisitem optic maka vitamin A tidak bisa memperbaiki keadaan tersebut.

10. Kebiasaan membasahi atau menjilati bibir membuat bibir senantiasa lembab.

Fakta : Air liur yang mengandung kelenjar dan enzim tertentu justru dapat mengiritasi kulit terluar bibir yang tipis.Akibatnya bibir justru bertambah kering.

11. Mengoleskan madu sebelum tidur menjadikan bibir tambah lembab dan sehat.

Fakta : Dari generasi ke generasi , banyak wanita mempercayakan perawatan bibir mereka dengan madu lebah murni.Cairan madu mengandung kadar gula murni yang dapat memberikan nutrisi dan kelembapan pada bibir.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 10, 2009 in Dunia Kita

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: