RSS

SEPAKBOLA DALAM STATISTIK

04 Nov

Castrol Statistik

castrol statistik

Selama ini, proses pemilihan pemain terbaik biasanya dilakukan dengan unsur subyektivitas yang lebih besar. Dengan perhitungan statistika, pemilihan tersebut bisa dilakukan dengan lebih obyektif. Siapa yang lebih baik di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo? Akan sulit menebak jawabannya karena kedua pemain hebat tersebut punya pendukung dan penggemarnya sendiri-sendiri.

Castrol mencoba menengahi perdebatan menarik itu dengan memperkenalkan Castrol Rankings. sebuah sistem pemeringkat pertama di dunia sepakbola yang menilai secara obyektif berdasarkan performa setiap pemain yang bermain di lima liga utama Eropa. Seperti dimuat dalam rilis yang diterima detiksport, Castrol Rankings menggunakan metode analisis terkini dan teknologi canggih dalam mengukur tiap operan, tekel dan setiap pergerakan lebih dari 2.000 pemain dan pertandingan setiap tahunnya.

Nantinya, Castrol Rankings akan diupdate setiap bulan. Di edisi pertama, muncul nama Thierry Henry sebagai penghuni peringkat teratas. Secara mengejutkan, striker Barcelona itu lebih unggul ketimbang Messi dan Ronaldo yang secara berurutan duduk di posisi kedua dan ketiga. Mengapa bisa begitu? Ternyata, dari hitung-hitungan statisik yang dikumpulkan Castrol Rankings, Henry mencetak lima gol dan tiga assist yang membantu Barcelona memenangi Liga Champions. Tambahan poinnya datang dari La Liga di mana Henry mencetak 18 gol dan delapan assist. Selain itu, faktor yang menambah kesuksesan Henry adalah akurasi tendangan ke gawangnya yang mencapai 70 persen. Angka penyerang 32 tahun itu jauh lebih tinggi ketimbang rataan seluruh Eropa yang ‘cuma’ 42 persen. “Thierry Henry sudah sejak lama menjadi salah satu striker yang paling konsisten di sepakbola Eropa dan saya tidak terkejut namanya ada di urutan paling atas dalam Castrol Ranking,” demikian kata salah seorang duta besar Castrol, Marcel Desailly. Ronaldo yang selama ini dianggap sebagai pemain terbaik dunia merasa tertantang dengan keberhasilan Henry mengungguli dirinya dan Messi.

Pemain Real Madrid itu bertekad untuk mendongkel Henry dari tempat teratas. “Ini adalah sebuah peringkat di mana setiap pemain ingin namanya tercantum di tempat teratas. Jika dapat menjadi pemain nomor satu pada Castrol Ranking maka kemampuan Anda tidak terbantahkan lagi, dan semua itu berdasarkan fakta, bukan opini. Maka dari itu saya ingin menjadi nomor satu untuk membuktikan bahwa saya lah yang tebaik,” tegas Ronaldo.

10 Besar Castrol Rankings: No Pemain Posisi Klub Negara Angka

1. Thierry Henry Depan Barcelona Prancis 978

2. Lionel Messi Depan Barcelona Argentina 964

3. Cristiano Ronaldo Tengah Real Madrid Portugal 914

4. Gerard Pique Belakang Barcelona Spanyol 909

5. Fernando Torres Depan Liverpool Spanyol 903

6. Samuel Eto’o Depan Inter Milan Kamerun 886

7. Rafael Marquez Belakang Barcelona Meksiko 84

8. Luca Toni Depan Bayern Munich Italia 877

9. Carles Puyol Belakang Barcelona Spanyol 876

10. Claudio Pizarro Depan Werder Bremen Peru 866

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 4, 2009 in Olahraga

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: